Minggu, 15 Februari 2009

Anime di TV Lokal

Baru2 ini gw baru pulang kampung, dan akhirnya nonton TV lokal (maklum di kosan ada TV kabel jadi nontonnya HBO, Star Movies, dll.). Nah, kali ini gw mau cermatin anime2 yang ditampilin di TV lokal kita... Berdasarkan pengamatan gw, ada beberapa anime yang bagus maupun buruk saat ditayangkan di sini (baik dubbing maupun lagu OP yg kadang ditranslasi ke bhs Indo).

So, kita mulai dari yang buruk/jelek dulu yah:
1. Eyeshield 21 (Global TV, Senin-Jumat pukul 18.00-19.00)
Anime ini parah banget, dubbingnya jelek abis. Hiruma yang licik itu terdengar cupu saat di-dubbing di sini. Apalagi Kurita ama Komusubi, suaranya jelek abis... Apalagi gambarnya mulai menurun, beda dari manganya. So, urutan pertama anime jelek di Indo jatuh ke tangan anime satu ini.

2. Naruto (saat di Global TV, mulai dari episode awal sebelum pindah ke Indosiar)
Kalo yg ini, gara2 nama2 jurusnya jauh dari versi awalnya. Liat aja summoning jutsu diartikan menjadi jurus apa gitu (yg jelas bukan jurus pemanggilan). Hal yg sama juga terjadi pada kagebushin jutsuny Naruto juga namanya jadi aneh. Plus dubbingnya juga ga pas.

3. One Piece (RCTI ama Global TV)
Sama dengan Eyeshield, nih anime dubbingnya jelek abis... Apalagi sejak pindah ke Global TV suara Luffi jadi ancur abis... Plus pas ED nya tulisan2 jepangnya diapus jadinya ga ada kesan Jepangnya...

4. Gundam Wing/SEED (Indosiar)
Kaget? Mungkin banyak yg ga tahu kalo 2 anime ini pernah tayang di TV kita. Gw bilang jelek krn jam tayangnya yg ga pas banget... Jam 05.30 di hari Minggu... Gila ga tuh? Siapa sih yg bela2in bangun sepagi itu cuma buat nonton, hari Minggu lagi...

5. Captain Tsubasa (lupa disiarkan di mana :) )
Kenapa? Karena anime ini lebay bgt... Bola jatuh aja bisa beberapa menit. Plus lagu OPnya yg ditranslasi ke Indo jelek bgt menurut gw...

Nah, kalo anime yg bagus nih:
1. Pokemon (SCTV lalu di Indosiar Minggu lupa antara jam 7.30 ato 08.00)
Ga bosen2 gw nonton anime yg satu ini. Dubbingnya pas, sayang kurangnya sekarang suara Pikachu-nya diisi dubber Indo jadinya aneh. Nilai plus lainnya, selain serial TV-nya juga sering diselingi versi Movienya jadinya ga bikin bosen.

2. Doraemon (RCTI Minggu jam 08.00)
Anime sepanjang masa nih... Lucu liat keluguan Doraemon. Dubbing ama lagu OP yg ditranslasi juga terdengar pas...

3. Dragon Ball (Indosiar jam 09.00 kalo ga salah)
Sama dengan Doraemon, anime spanjang masa... dari gw kecil sampe sekarang masih diputer terus. Dubbing ny lumayan, translasi OPnya juga enak didengar, malah lebih bagus dari versi asli menurut gw. Sayang, masa OP ama ED nya sama? Masukin lagu OST yg lain donk...

4. Naruto (yg kali ini yg tayang di Indosiar Minggu jam 10.30)
Kali ini dubbingnya OK. Musiknya sama dengan versi asli, so masih enak ditonton. Tapi buat apa sih masukin episode filler Naruto di awal2? Bikin BT aja...

5. Bleach (Indosiar Minggu jam 11.00)
Sama dengan Naruto di atas, dubbingnya OK, lagu sama dengan versi asli... apalagi banyak penyanyi idola gw yg nyanyi OST anime ini (Orange Range, Yui, Younha, Uverworld). Bikin demen nontonnya.

Nah masih ada banyak anime lain yg sempat lalu lalang di TV kita. Cuma ga gw masukin di daftar di atas krn gw uda lupa2 ingat (ada yg dari zaman waktu gw SD) ato yg genrenya ga gw demen. Nah ini listnya:
- Mojacko
- Sailor Moon
- Magic Knight Rayearth
- P-man
- Air Gear (lebih asik baca manganya... banyak fan service ^o^V )
- Detektif Conan (yg satu ini biasa2 aja menurut gw, di tengah2 jadi ga gw masukin ke list di atas, plus lebih enak baca manganya)
- Chibi Maruko Chan
- Initial D
- Ninja Hattori
- Digimon World 3
- Shin Chan
- Kochikame (ga tau anime apaan ini... -_-')
Update sedikit
- Blue Dragon
- Bakugan
- Digimon DARTS (kalo ga salah, yg masih akan tayang entah kapan di Indosiar)

2 komentar:

monmon mengatakan...

tsubasa bagus ah.... yang lagunya dragon sceamer.... hehehehehe...... anime yang bagus laennya: DIGIMON.....

f_mulia mengatakan...

kalo digimon gw uda rada2 lupa jadinya ga bisa gw taruh di bagus apa jelek, hehehe...